Baik Buruknya Teknologi Digital Bagi Kehidupan Masyarakat

teknologi digital

Kemajuan teknologi digital telah berkembang sangat pesat, hal ini berdampak pada kehidupan masyarakat. Bukan hanya kehidupan pribadi bagi diri sendiri tetapi juga kehidupan bermasyarakat. 

Dengan kemajuan teknologi digital, masyarakat perlu memahami teknologi ini. Teknologi digital merupakan alat yang tidak lagi menggunakan tenaga manusia, melainkan sistem operasi otomatis dengan sistem komputerisasi. 

Apa baik buruknya teknologi digital di kehidupan bermasyarakat

Teknologi digital memiliki 2 dampak yaitu dampak positif dan dampak negatif. Lalu bagaimana kita bisa memanfaatkan teknologi digital tanpa terpengaruh dampak negatif dan bisa membawa pengaruh positif. Dengan teknologi digital juga dapat membantu masyarakat untuk melakukan aktivitasnya, sehingga jauh lebih mudah.

Keberadaan teknologi digital yang telah menyebar luas memiliki dampak positif dan negatif. Kita bisa mendapatkan dampak positif dan negatif dari diri kita masing-masing tergantung bagaimana kita menggunakannya. 

Di era digital seperti sekarang ini, teknologi digital sangat membantu dalam banyak hal, karena pada dasarnya semua aktivitas yang dilakukan oleh manusia saat ini tidak jauh dari teknologi digital. Lalu apa saja dampak positif dan negatif dari teknologi digital?

Baca juga: Batalkan Kesepakatan Akuisisi Twitter, Elon Musk Di Tuntut

Dampak positif teknologi digital

  1. Menambah pengetahuan dan informasi.
  2. Sebagai sarana komunikasi dan interaksi.
  3. Memfasilitasi literasi
  4. Mengubah sesuatu menjadi lebih efisien dan efektif.
  5. Mampu mendorong kecerdasan, potensi dan membangun kreativitas.

Dengan segala macam dampak positif yang telah diuraikan, sebenarnya masih banyak lagi hal positif yang dapat diperoleh dan dirasakan dalam penggunaan teknologi digital. Hanya saja masyarakat sebagai penikmat teknologi digital harus mampu mengendalikan diri agar tidak mudah terpengaruh dan bergantung pada penggunaan teknologi digital. 

Karena jika kita tidak bisa mengendalikan diri, maka kita akan merasakan dampak negatif dari teknologi digital yang dapat merugikan diri sendiri.

Dampak negatif teknologi digital

  1. Mudah terpengaruh oleh berita bohong.
  2. Kurangnya jiwa sosial.
  3. Mengurangi aktivitas gerak.

Dari sini sangat berbahaya jika kita tidak bisa menjaga diri dalam penggunaan teknologi digital. Kita juga harus pintar-pintar dalam memilih sumber informasi dan perlu memperhatikan dengan seksama agar tidak terkena dampak negatif dari teknologi digital. 

Adanya perubahan digital memang tidak mudah bagi sebagian orang, terutama mereka yang sebelumnya hidup di zaman penjajahan dan sudah mulai hidup di era milenial yang semuanya serba teknologi.

Lantas bagaimana kita membangun budaya digital agar kita sebagai penikmat teknologi digital tahu bagaimana memposisikan teknologi digital dalam kehidupan sehari-hari? Bisa dikatakan budaya digital terbentuk karena pertama, adanya paksaan dengan latar belakang yang hidup di era teknologi seperti sekarang.

Jadi mau tidak mau, kita perlu mempelajari kemajuan perubahan yang ada agar kita tidak tidak tertinggal. Kedua, ada inisiatif dari masyarakat, dimana kita sendiri ingin belajar tentang perubahan tersebut agar bisa menyeimbangkan kehidupan kita masing-masing dengan kehidupan di dunia luar. 

Ketiga, adanya pelatihan atau sosialisasi. Jadi, kita bisa mengerti dan kita bisa karena sudah terbiasa dengan pelatihan dan pendampingan sosialisasi. Berdasarkan 3 hal tersebut dapat membantu kita untuk membangun budaya teknologi digital untuk kehidupan, sehingga kita sebagai penikmat teknologi dapat memanfaatkan perkembangan yang canggih untuk menunjang kenyamanan aktivitas yang akan dilakukan.

Oleh karena itu, kita perlu memahami teknologi digital, dimana kita bisa belajar mencari tahu dari berbagai sumber karena kemudahan informasi. Cara untuk dapat mengetahui dan dapat memanfaatkan teknologi digital tentunya banyak sekali informasi yang membicarakan hal tersebut.

Karena di zaman sekarang ini, sangat membantu kita untuk mendapatkan informasi secara cepat dan efisien. Jadi, ketika kita memiliki pemahaman tentang teknologi digital, itu akan sangat membantu untuk dapat mengeksekusi tujuan hidup dengan bantuan teknologi digital. 

Namun, kita juga tidak boleh sembarangan menggunakan teknologi digital ini, kita perlu mengetahui batas baik dan buruknya teknologi digital. Teknologi digital juga dapat digunakan untuk mendukung karir masa depan kita dalam kehidupan digital.

Baca juga: Perkembangan Teknologi Digital, Storytel Pengalaman Membaca Buku Via Audio